KASIH YANG SUCI

      Tak ada komentar pada KASIH YANG SUCI

KASIH YANG SUCI
Renungan Harian Kamis 14 Mei 2020
oleh Romo L. Bondan P., Pr
Gereja Santo Yakobus Bantul Yogyakarta

Bacaan Injil Yoh 15:9-17

Saudara-saudari yang terkasih, Tuhan memberikan penghiburan dan peneguhan untuk kita semua, agar kita mengalami sukacita yang penuuh. Tuhan bersabda “Jikalau kamu menuruti perintahKu, kamu akan tinggal di dalam kasihKu, seperti Aku menuruti perintah BapaKu, dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacitaKu ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh.”

Apakah saudara-saudari pernah mengalami sukacita yang penuh? Dalam lingkungan keluarga, komunitas, jika sukacita kita masih bolong, kemungkinan kita belum tinggal dalam kasih Tuhan. Kasih Tuhan itu kasih yang suci. Mungkin kita tidak mampu menuju kesana, namun kita harus mengusahakannya, supaya keluarga dan komunitas kita mengalami sukacita penuh dan kasih yang suci.

Kasih yang suci yaitu:

  1. Menyuburkan, seorang yang memiliki kasih yang suci ia humble (rendah hati). Semoga kita semua mampu menyuburkan keluarga dan komunitas kita dengan kerendahan hati.
  2. Melegakan, artinya mau rugi, berkorban untuk keluarga. Dalam kehidupan rumah tangga, misalnya istri hutang suami atau sebaliknya. Dalam keluarga rasanya tidak pas kalau suami istri saling hutang.
  3. Menyejukkan, artinya menerima semuanya tanpa syarat dan apa adanya. Meskipun gagal dan mengecewakan, diterima apa adanya. Sebagai contoh, seorang anak yang gagal dalam ujian, hendaknya tetap dipeluk dan disayangi, tidak hanya ketika ia lolos ujian saja.

Semoga kita bertumbuh dan tinggal dalam kasih Tuhan, sehingga kita bisa mengarah kepada kasih yang suci.

Salam Bantul Kasih,
Berkah Dalem

Renungan ini dapat diakses melalui channel YouTube Paroki pada link dibawah ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *